TRANSLATE
English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sabtu, 04 Desember 2010

Step by Step Installasi ACTIVE DIRECTORY Windows Server 2003 (Bagian 1)




Penulis Artikel : Nathan Gusti Ryan
Artikel ini ditujukan untuk melengkapi artikel saya sebelumnya :
http://www.xp-solution.com/panduan-vmware-workstation-untuk-riset-dan-real-pc
Artikel ini saya buat dalam konteks Virtualisasi mengunakan VMWare Workstation, walaupun bisa saja di crop sesuai display saja. Tujuannya hanyalah untuk lebih memudahkan dalam memahami serta memudahkan dalam installasi tanpa harus di Install khusus pada sebuah PC ataupun Server. Dan sekalipun sudah ada Windows 2008 Server, saya tetap menyajikan Tutorial Step by Step Installasi Active Directory atau Domain Controller Windows Server 2003. Kenapa ??? Karena Windows 2003 Server R2 SP2 ini lebih sempurna di bandingkan Windows Server 2000 / Windows Advanced Server 2000 serta lebih ringan daripada Windows Server 2008.
Artikel ini setidaknya memberikan wawasan, pengetahuan serta skill “How to Installing and Managing Windows Server” khususnya bagi rekan-rekan yang tidak memiliki biaya untuk mengikuti Training resmi MCSA ataupun MCSE. Dan juga bisa menjadi tambahan wawasan bagi-rekan System Administrator ataupun System Engine Windows Server. Serta artikel ini sebagai dasar pengetahuan dalam memahami artikel saya lebih lanjut mengenai Installasi dan Implementasi Windows Clustering Server System. So… artikel ini hanyalah sebagai sharing pengalaman dan implementasi Windows Server di Corporate.
NOTES : Jangan komentar ‘kenapa bukan Linux‘, karena akan saya bahas juga pada artikel berikutnya. Termasuk Implementasi Linux Clustering Server System. Sekali lagi, artikel-artikel saya ini hanyalah sharing aja bukan bermaksud untuk meng’guru’i karena saya sendiri masih terus belajar dan belajar.
Step by Step Installasi ACTIVE DIRECTORY Windows Server 2003 dalam implementasi untuk Corporate ini akan saya bagi menjadi beberapa bagian atau tahapan, diantaranya adalah :
  1. Tahap Installasi OS Windows Server.
  2. Tahap Installasi / Konfigurasi Active Directory.
  3. Tahap Konfigurasi Group Policy Domain Controller.
  4. Tahap Installasi Email Server / Exchange Server.
  5. Tahap Konfigurasi File Server.
  6. Tahap Konfigurasi Printer Server.
  7. Tahap Konfigurasi Web Server / Internet Information Services.
  8. Dan lain-lain… ( Windows Server Cluster Services… ).
Pada artikel “Step by Step Installasi ACTIVE DIRECTORY Windows Server 2003 (Bagian 1)” ini khusus membahas Installasi awal daripada OS Windows Server 2003 R2.




























Sumber : http://www.xp-solution.com/step-by-step-installasi-active-directory-windows-server-2003-bag-1/

Tidak ada komentar: